Fakta Gedung Angker di Film Horor Terbaru Korea, Neulbom: The Cursed

Penikmat film horor, sudahkah menonton Neulbom: The Cursed? Ini merupakan salah satu film horror Korea terbaru yang sedang tayang di Indonesia. Dikenal juga dengan judul “Spring Garden”, film ini nggak tanggung-tanggung membangun sensasi mistis nya, dengan mengambil latar, salah satu tempat paling angker di Korea Selatan.

Neulbom: The Cursed yang digarap oleh sutradara Ku Tae-Jin ini mengambil tempat atau set Gedung yang dikenal dengan Neulbom Garden, terletak di Jecheon, Provinsi Chungcheong Utara. Tercatat, ini merupakan satu dari tiga tempat paling menyeramkan di Korea Selatan, setelah Rumah Sakit Jiwa Gonjiam dan Restoran Sashimi Yeong deok.

Neulbom Garden dikenal sebagai destinasi untuk mengalami sensasi horor oleh banyak YouTuber. Pengalaman berburu hantu benar-benar terjadi di tempat ini. Catatan peristiwa ini pula yang kemudian dijadiakan latar belakang film.


Neulbom Garden yang terletak di 796 Yongdu-daero, Bongyang-eup, Jecheon-si, Chungcheongbuk-do (37-1 Bongyang-ri, sudah bertahun-tahun menjadi kawasan terabaikan.


Pastor Kim yang sempat tinggal dan membangun gereja di dekat Neulbom Garden. Ia mengatakan Neulbom Garden dulunya menjadi tempat yang ramai dikunjungi anak-anak bersama orang tua.


Gedung tersebut menjadi ‘rumah’ bagi beberapa usaha, seperti kafe hingga restoran.

“Namun, beberapa tahun kemudian, toko itu tutup. Saat itu ada bailout pada akhir 1990-an. Ketika tutup, orang-orang mengambil barang, perabotan dari restoran di dalam sana, hingga besi-besi tua,” kata Pastor Kim.



“Pemiliknya tidak pernah muncul, bangunan itu dibiarkan terbengkalai. Saya tidak tahu pasti, tapi bisa jadi karena masalah keuangan,” tuturnya.



Pastor Kim mengatakan, suatu kali  ia pernah mencoba masuk Neulbom Garden kembali dan menemukan tunawisma tinggal di sana hanya dengan beralaskan selimut.


“Sejak saat itu pula beredar cerita kalau orang-orang melihat hantu di sana, dan Neulbom Garden menjadi rumah hantu. Sampai sekarang saya bisa dengan tegas mengatakan itu bukan rumah hantu, hanya rumor yang disebarkan orang-orang soal bangunan kosong.”

Isu cerita seram lainnya membayangi bangunan seram tersebut, bahkan sempat disiarkan di media Korea Selatan. Bahwa pernah ada yang bunuh diri di tempat tersebut. Dia adalah seorang pemilik restoran, yang mengalami nasib naas dan memilih mengakhiri nyawanya sendiri.


Gedung tersebut sempat dibeli orang lain, tapi tak pernah bertahan karena merasakan “gangguan.”


Dalam film yang dibintangi Jo Yoon-hee, gedung itu digambarkan menjadi rumah di tempat terpencil, peninggalan suami yang tiba-tiba gantung diri di kamar tidur mereka. 

Namun, saudara perempuannya, Hye-ran (Kim Joo-ryoung) melarangnya pindah ke sana karena merasa ada sesuatu yang menyeramkan tentang rumah itu.


Kisah itu bisa disaksikan dalam Neulbom: The Cursed yang tayang sejak 11 September di bioskop Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here