Setelah ditinggalkan oleh beberapa penggemar dan pengiklan, Kim Seon Ho perlahan kembali dengan membawa ledakan besar!
Aktor yang mendapat julukan “anak baik” dunia drakor ini lolos dari cancel culture atau budaya pembatalan besar-besaran melalui “efek Kim Seon Ho” dengan memberikan dampak positif pada beberapa merek yang kembali memasang wajahnya pada iklan mereka, salah satunya adalah situs e-commerrce atau belanja online 11Street, sebagaimana dilansir melalui Kdramastars.
Pada puncak kontroversi pemaksaan aborsi atas dalih pernikahan yang menghantui sang aktor, beberapa merek yang menampilkan bintang Hometown Cha-Cha-Cha tersebut menghapus penampakan dirinya dari kampanye iklan mereka. Hal ini dilakukan karena publik sangat sensitif dalam hal citra duta yang mewakili merek tersebut.
Setelah keluarnya artikel pengungkapan mengejutkan dari media hiburan Dispatch yang mempertanyakan validitas pernyataan mantan pacar Kim Seon Ho, pengiklan mulai menghidupkan kembali iklan Kim Seon Ho dengan menayangkannya secara publik satu demi satu.
Pada tanggal 28 Oktober, merek masker MIIMA adalah yang pertama memasang iklan dengan memamerkan aktor kelahiran 35 tahun lalu tersebut.
Diikuti oleh situs belanja online 11Street yang memposting video pemeran Han Ji Pyeong dalam drakor populer Netflix Start-Up di saluran YouTube resmi mereka, menyoroti acara diskon mereka yang dijuluki sebagai “Festival ke-10.”
Menurut sebuah outlet media, merek e-commerce tersebut mengumumkan bahwa rekor penjualan mereka meningkat sebesar 20 persen hanya dalam tiga hari, sejak penayangan dari tanggal 1 hingga 3 November.
Menariknya, pendapatan 11street mencapai angka tertinggi sepanjang masa sebesar 40 persen, terutama karena iklan yang menampilkan wajah Kim Seon Ho.
Seperti yang disebutkan sebelumnya, publik sangat sensitif terhadap citra sorang selebriti, karena itu cancel culture dan aktivitas boikot terhadap seorang artis yang dianggap melakukan hal negative merupakan hal yang lumrah di Korea Selatan.
Setelah perusahaan e-commerce tersebut menghidupkan kembali dan memposting iklan Kim Seon Ho, mereka menerima beberapa keluhan yang mempertanyakan keputusan perusahaan untuk mengembalikan Kim Seon Ho sebagai bintang iklan mereka.
Melalui layanan pelanggan mereka, 11Street memulai dengan menerima pendapat pelanggan mereka. Namun, perusahaan tersebut menjelaskan mengapa mereka memilih untuk mendukung Kim Seon Ho dan memujinya karena “dengan rajin memenuhi tugasnya.”
Mereka menjelaskan lebih lanjut mengapa mereka terus mengembalikan aktor; salah satu alasan utamanya adalah permintaan maaf yang dilakukan Kim Seon Ho kepada khalayak secara resmi.
“Pada tanggal 10 Oktober, Kim Seon Ho membuat permintaan maaf secara resmi, dan setelah itu, pihak lain juga menerimanya, jadi 11Street memutuskan untuk mengembalikannya sebagai model. Sebelum situasi memanas di bulan Oktober, kami telah melakukan syuting untuk iklan Festival November, yang tayang mulai pukul 11.00 pada tanggal 1 November,” jelas situs belanja online tersebut.
Terakhir, 11Street meminta “pengertian baik” dan berterima kasih kepada para pelanggan karena mengirimkan “pendapat yang tulus.”