Girl Group Manakah yang Akan Meraih Gelar Rookie of the Year di Kancah Musik Kpop?

ive dan new jeans

Persaingan untuk meraih penghargaan pendatang baru terbaik atau Rookie of the Year di tahun 2022 antar girl group Kpop tidak pernah sepanas sekarang.

Girl group terkemuka, seperti IVE, Kep1er, NMIXX, LE SSERAFIM, dan NewJeans, muncul di industri musik secara bersamaan pada tahun 2022. Tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa jika mereka debut di tahun yang berbeda, semuanya akan memenangkan penghargaan rookie lewat penampilan yang menawan dengan pengaruh yang luar biasa. Karena grup-grup kuat ini melakukan debut mereka di tahun yang sama, tidak dapat dihindari bahwa semuanya harus berjuang untuk memperebutkan penghargaan Rookie of the Year.

Musim penghargaan musik telah tiba dan akan diadakan dari akhir tahun ini hingga awal tahun depan. Ajang anugerah musik Kpop akan dimulai dari The Fact Music Awards 2022, yang telah dijadwalkan pada 8 Oktober.

Perang saraf antar penggemar musik Kpop dalam kompetisi untuk penghargaan Rookie of the Year atau Pendatang Baru Terbaik 2022 membangkitkan minat yang besar. Di antara para kandidat kuat, yang memiliki kemungkinan kemenangan dan memeroleh gelar Rookie of the Year paling besar adalah IVE dan NewJeans.

IVE tidak hanya sekedar monster rookie tapi diramalkan bisa meraih Daesang

Kredit: Instagram @ivestarship

IVE, yang memulai debutnya pada bulan Desember tahun lalu dan baru-baru ini merayakan hari ke-300, sebenarnya menempatkan No. 0 dalam kompetisi perebutan kategori Rookie of the Year pada akhir tahun ini.

IVE telah membuktikan dirinya sebagai grup yang besar tidak hanya dalam nama tetapi juga realita dengan merilis tiga lagu hit berturut-turut, dimulai dengan lagu debut mereka “Eleven”, dilanjutkan “Love Dive” dan lagu terakhir yang dirilis bulan Agustus, “After LIKE”.

Enam orang gadis Starship Entertainment ini baru saja memulai debutnya dalam waktu kurang dari satu tahun, tetapi mereka telah membuat rekor yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan memenangkan total 30 anugerah No. 1 di acara musik dengan hanya 3 single.

Memegang trofi No.1 dengan “Eleven” seminggu setelah debut mereka, IVE menunjukkan potensi luar biasa dengan mencapai 13 kemenangan program musik, termasuk triple crowns (“Music Bank” KBS 2TV – 3 kemenangan, “Show! Music Core” MBC – 4 kemenangan, dan “Inkigayo” SBS – 3 kemenangan).

“Love Dive” bahkan menduduki puncak berbagai acara musik. Lagu ini lalu naik kembali di berbagai tangga lagu dan membuat prestasi luar biasa dengan membawa pulang 10 piala acara musik bahkan setelah promosi lagu berakhir.

Girl group yang terdiri dari Yujin, Wonyoung, Gaeul, Rei, Liz dan Leeseo ini juga memperoleh sebelas peringkat No. 1 lewat lagu terbaru mereka “After LIKE”, membuat rekor luar biasa dengan memuncaki peringkat acara musik mingguan sebanyak 34 kali dalam setahun, sebagaimana dilansir melalui Kbizoom.

Tidak berhenti sampai di situ, IVE juga mendominasi tangga musik musik online. Mulai dari lagu debut mereka “Eleven”, IVE menduduki puncak tangga lagu digital bulanan Melon pada bulan Juni dengan “Love Dive”. Grup ini naik ke No. 1 seminggu setelah rilis dengan “After LIKE” dan tetap di atas bahkan setelah sebulan.

Sementara itu “Eleven” dan “Love Dive” masing-masing masih berada di chart TOP 10 dan tidak menunjukkan tanda-tanda keluar. Selain rangking domestik, “After LIKE” juga masuk banyak chart di situs musik luar negeri, seperti Billboard dan Spotify, menyusul dua single sebelumnya.

Selain itu, kekuatan IVE dalam penjualan album fisik juga tak tertandingi dibandingkan dengan girl grup saingan mereka. Sampai dengan 27 Agustus, single pertama mereka “Eleven” mencatat penjualan kumulatif 381.883, dan single kedua “Love Dive” dilaporkan terjual 713.232 eksemplar. Hingga akhir September, 1.111.117 kopi “After LIKE” telah berhasil dibeli oleh penggemar di seluruh dunia. Secara keseluruhan, IVE telah menjual sekitar 2,2 juta kopi album hanya dengan tiga single.

Secara khusus, rilisan terbaru “After LIKE” mencapai total 924.363 kopi selama periode penjualan minggu pertama, yang melipatgandakan rekor karya sebelumnya dan memperoleh gelar “setengah juta penjual”. Ini adalah rekor tertinggi di antara grup rookie yang memulai debutnya dari tahun 2021 hingga 2022.

Secara harfiah tidak ada yang bisa mengalahkan IVE di antara penyanyi yang melakukannya dengan baik lewat album digital dan fisik tahun ini. Oleh karena itu, kemungkinan IVE memenangkan Daesang terasa lebih besar dibandingkan penghargaan pendatang baru terbaik.

Debut lebih telat, namun NewJeans ciptakan sensasi dahsyat di industri musik Kpop

Kredit: Instagram @newjeans_official

NewJeans, yang bersaing di kancah musik Kpop di tengah dominasi IVE, adalah bintang baru lainnya. Girl group, yang pertama kali diperkenalkan pada bulan Agustus di bawah label ADOR yang dipimpin oleh CEO Min Hee Jin, muncul sebagai “artis yang sedang naik daun” di seluruh dunia segera setelah mereka merilis album debut “New Jeans”.

Mereka sukses membuat perubahan persepsi di industri musik tepat setelah debut dengan memecahkan banyak rekor pertama dan tercepat dengan album debutnya, dan dengan bangga menghiasi diskografi mereka lewat berbagai pencapaian sepanjang masa.

Menurut Melon pada tanggal 30 September, lagu debut New Jeans “Attention” dan “Hybe Boy” masih menduduki peringkat 1 dan 2 di TOP 100 tangga lagu Melon. Beberapa girl group memang menduduki puncak tangga lagu Melon dengan lagu debut, tetapi NewJeans adalah yang pertama mendominasi tempat No. 1 dan No. 2 di TOP 100 lewat debut mereka.


Faktanya, “Attention” milik NewJeans berada di peringkat ke-9 di TOP 100 pada tengah malam tanggal 2 Agustus, hanya 6 jam setelah dirilis. Setelah menjadi rekor “lagu debut untuk masuk TOP 10 dalam waktu tersingkat”, “Attention” naik secara bertahap untuk mencapai No. 1 di TOP 100 pada tanggal 9 Agustus, 197 jam setelah dirilis.

Pencapaian ini membantu gelar NewJeans untuk memecahkan rekor baru sebagai lagu debut girl group yang menduduki puncak TOP 100 dalam waktu singkat. Gabungan jumlah streaming semua lagu dalam album debut NewJeans, “New Jeans”, mencapai 2 juta hanya dalam 24 jam dan melampaui 13 juta dalam 7 hari setelah dirilis.

Di antara album debut grup yang telah memulai debutnya sejak 2019, “New Jeans” adalah satu-satunya album yang melebihi 10 juta streaming secara total dalam minggu rilis pertama.

Kehebohan yang diciptakan oleh NewJeans tidak terbatas di Korea Selatan saja. Girl group ini bahkan masuk chart di U.S Weekly Top Song Spotify untuk pertama kalinya, menjadikan “Attention” sebagai lagu debut grup Kpop pertama yang muncul di tangga lagu ini.

Selain itu, NewJeans juga melampaui 10 juta pendengar bulanan (dalam 28 hari terakhir) pada 19 September. Grup pendatang baru ini juga bertahan di tangga lagu Billboard Amerika Serikat (AS) selama delapan minggu berturut-turut dan melanjutkan kesuksesan jangka panjangnya.

Jika popularitas NewJeans telah dibuktikan dengan penampilan digital mereka, fandom mereka yang kuat juga dikonfirmasi oleh catatan penjualan album fisik. Sebanyak 311.271 kopi album debut NewJeans terjual dalam waktu seminggu (8-14 Agustus) setelah perilisan album (8 Agustus), yang merupakan penjualan minggu pertama tertinggi dalam sejarah album debut girl group.

Jadi siapa yang pantas meraih gelar Rookie of the Year? Jangan lupa bagikan pendapatmu di kolom komentar di bawah ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here