Mulai dari para pria BTS hingga gadis-gadis NewJeans, deretan idola K-pop ini sekarang menjadi wajah kampanye mode internasional.
Beberapa tahun terakhir, K-pop telah meledak menjadi fenomena internasional, membentuk budaya pop dan industri musik jauh melampaui Korea Selatan. Boy band dan girl group seperti BTS dan BLACKPINK telah mengumpulkan penggemar global, seringkali melalui kombinasi penampilan dinamis, gaya khas, dan daya tarik kebintangan yang luar biasa.
Saat ini, pengaruh K-pop tidak hanya terasa di industri musik; tetapi juga menyentuh kemewahan. Menembus keberagaman, semakin banyak merek fashion dan perhiasan yang memanfaatkan selebriti Korea untuk memimpin kampanye mereka—keistimewaan yang biasanya ditawarkan kepada bintang Hollywood satu dekade lalu.
Di tahun 2023 saja, kita telah melihat sejumlah luxury brand, seperti Gucci, Louis Vuitton, Dior, dan Fendi mengumumkan duta global baru dari grup musik Korea paling populer. Di bawah ini, kami menyoroti beberapa idola K-pop yang telah menambahkan gelar baru ke resume mereka tahun ini sebagai duta merek mewah ternama.
1. J-Hope BTS, duta merek Louis Vuitton
Tidak mengejutkan jika J-Hope dari boy group BTS dinobatkan sebagai duta Louis Vuitton terbaru. Dalam pernyataannya, merek fashion Prancis tersebut menyoroti “kehadiran positif di dalam dan di luar panggung” sang rapper, dan bagaimana dia “terus mendorong batasan artistik dan menginspirasi penonton internasional”.
Sementara dia dan rekan satu grup BTS-nya dinobatkan sebagai duta maison pada tahun 2021, J-Hope selalu menekankan kecintaannya pada merek mewah itu melalui tampilan street style dan airport fashion yang menonjol. Baru-baru ini, J-Hope juga terlihat di barisan depan peragaan busana pria musim gugur/musim dingin 2023 yang digelar Louis Vuitton pada bulan Januari.
2. Suga BTS, duta merek Valentino
BTS mungkin saat ini tengah hiatus, tetapi para anggotanya tetap memiliki basis penggemar yang kuat. Salah satunya Suga yang merupakan wajah baru Valentino. Seperti bintang Hollywood Zendaya dan ikon Formula Satu Lewis Hamilton, sang dinobatkan sebagai duta DiVa, yang digambarkan oleh rumah mode Italia itu sebagai sosok yang merupakan “esensi keaslian, cita-cita progresif, dan keragaman yang mengarah pada perubahan.”
“Suga adalah seniman multifaset; dia adalah seorang penerjemah dan menggunakan bakat dan karyanya untuk mengekspresikan dirinya dengan energi dan keaslian,” kata direktur kreatif Valentino, Pierpaolo Piccioli. “Dia dengan sempurna mewujudkan semua yang diperjuangkan oleh kesaksian DiVa, yaitu keragaman, inklusivitas, kreativitas, dan semangat. Kami senang memilikinya dan saya yakin kami akan melakukan banyak hal indah bersama.”
Suga memimpin kampanye baru untuk Maison Valentino Essentials, sebuah proyek yang bertujuan untuk mendefinisikan ulang pakaian pria. Dalam sebuah pernyataan, sang musisi berbagi, “Semua individu memiliki mimpi dan nilai yang berbeda. Maison Valentino dan direktur kreatif Pierpaolo Piccioli telah mendukung keragaman yang juga saya yakini.”
3. Jimin BTS, duta merek Dior
Bahkan sebelum BTS dinobatkan sebagai duta Louis Vuitton, boy band ini telah menjalin hubungan khusus dengan rumah mode mewah Dior. Pada 2019, desainer Dior Men, Kim Jones, membuat pakaian panggung khusus untuk boy band tersebut. Sekarang, merek fashion Prancis itu telah memilih Jimin untuk menjadi duta global terbarunya, menambahkannya ke daftar yang mencakup idola K-pop lainnya seperti Jisoo BLACKPINK, Sehun EXO, dan Bae Suzy.
Dalam pengumumannya, sang maison menggambarkan Jimin sebagai “ikon pop abad ke-21” yang “mewujudkan semangat dan singularitas gaya Dior, modernitas dengan ciri khas yang tak lekang oleh waktu”. Gambar yang menyertainya pasti membuktikan hal itu.
4. Hani NewJeans, duta merek Gucci
Penyanyi NewJeans, Hanni, diumumkan sebagai duta merek global Gucci akhir tahun lalu, tetapi dia baru melakukan kampanye pertamanya untuk rumah mode Italia itu pada tahun 2023.
Dalam gambar mencolok yang diambil oleh Mert dan Marcus, bintang K-pop itu memamerkan tas Gucci Horsebit tahun 1955, yang dia pakai ketika menghadiri Milan Fashion Week pada bulan Februari.
5. Danielle NewJeans, duta merek Burberry
Danielle NewJeans terungkap menjadi duta global untuk Burberry pada awal Januari. Dalam gambar yang dibagikan oleh agensinya Ador, penyanyi berusia 17 tahun itu memamerkan penampilan dari koleksi musim semi/musim panas 2023 merek fesyen Inggris tersebut, termasuk tas Frances.
6. Hyein NewJeans, duta merek Louis Vuitton
Baru debut Juli lalu, girl group rookie NewJeans mungkin tampak seperti pesaing yang tidak mungkin untuk mewakili salah satu merek mewah terbesar di dunia. Namun anggota termudanya, Hyein, yang baru-baru ini diangkat sebagai duta Louis Vuitton, sukses menempatkan diri di antara publik figur seperti Emma Stone, Deepika Padukone, dan Jung Ho Yeon.
Gadis berusia 14 tahun ini dengan memesona mengenakan salah satu desain avant-garde desainer Louis Vuitton, Nicolas Ghesquière, dari koleksi mode Cruise. Dalam sebuah pernyataan, rumah mode Prancis itu berbagi, “Mulai sekarang, kami akan memulai perjalanan baru bersama (Hyein), yang mendefinisikan gaya NewJeans dengan pesona uniknya.”
7. Yujin IVE, duta merek Fendi
Keluarga Fendi dipenuhi sederetan selebriti Korea, termasuk dua bintang papan atas Hallyu, Lee Min Ho dan Song Hye Kyo.
Anggota IVE, Yujin, kini bergabung dalam daftar tersebut, setelah melakukan debut kampanye untuk merek fashion Italia itu dengan menjadi model untuk koleksi musim semi/musim panas 2023 dan tas Peekaboo ISeeU.
“Saya sangat bersemangat untuk bergabung dengan rumah mode mewah global Fendi,” kata idola cantik tersebut dalam sebuah pernyataan. “Saya selalu menikmati proyek Fendi yang luar biasa, yang selalu menonjolkan kreativitas dan eksperimen. Saya menantikan perjalanan kami bersama!”