Para penggemar diketahui memberikan hadiah mewah kepada anggota grup idola kesayangannya. Fans asal Tiongkok mungkin merupakan salah satu grup penggemar yang dikenal memberikan hadiah paling mahal dan juga tak terbayangkan kepada grup idola.
Namun sebuah pengumuman telah disiarkan dimana situs penggemar asal Tiongkok bernama Jimin Bar telah dihukum oleh media sosial terbesar di Tiongkok, Weibo, karena melakukan pengumpulan dana dalam rangka pembuatan iklan dengan wajah Jimin BTS di pesawat baru-baru ini untuk merayakan ulang tahun sang idola.
Hukuman tersebut sejalan dengan langkah-langkah baru yang dibuat oleh otoritas Tiongkok untuk menekan apa yang mereka sebut aktivitas penggemar “tidak rasional” atau dukungan berlebihan terhadap seseorang yang mereka idolakan. Padahal sebelumnya para penggemar asal negeri tirai bambu itu telah merencanakan untuk membuat sebuah iklan cantik dengan membungkus pesawat dari layanan udara Jeju Air dengan spanduk ulang tahun Jimin mulai tanggal 1 September hingga 30 November, sesuatu yang belum pernah terlihat sebelumnya dalam dunia K-Pop.
Vonis yang dijatuhkan pada proyek yang dilakukan oleh Jimin Bar adalah bahwa mereka tidak boleh mengunggah apa pun dalam platform aplikasi tersebut selama 60 hari.
Berikut isi dari pengumuman tersebut:
Pengumuman Komunitas Weibo
“Sejak Komisi Administrasi Cyberspace di Tiongkok mengumumkan “Tindakan tambahan ntuk membersihkan kekacauan fandom”, Weibo telah melakukan pembersihan terkait permintaan pemerintah memposting beberapa pengumuman untuk mengadvokasi selebriti pendukung lainnya dalam alasan dan untuk menjaga ketertiban dalam komunitas ini. Netizen melaporkan kepada kami bahwa, pada bulan April, sebuah akun memulai acara pengumpulan dana untuk “pesawat khusus” di platform lain, yang melanggar aturan. Baru-baru ini, mereka memposting hasil acara di Weibo. Isi unggahan itu termasuk unsur mendorong dan membandingkan, yang merupakan masalah serius. Kami segera memblokir akun JIMIN_JMC (juga dikenal sebagai Jimin Bar) dari posting selama 60 hari dan menghapus posting Weibo terkait. Weibo sangat menentang dukungan irasional dari selebriti, dan siap untuk mengambil tindakan serius. Weibo tetap berkomitmen untuk memenuhi tanggung jawab sosial dan perusahaan kami telah memperkuat tata kelola kami atas fandom untuk membersihkan perilaku online mereka. Seluruh platform kami menggunakan standar yang sama saat mengatur dan menetapkan aturan, tanpa perbedaan tunggal. Setelah tindakan mendukung seorang selebriti dianggap tidak rasional, kami akan menanganinya dengan serius. Ke depan, kami akan terus membuat pengumuman berkala tentang tindakan yang diambil. Kita semua harus bekerja keras bersama untuk membersihkan fandom. Pengguna kami dipersilakan untuk memberi kami masukan dan umpan balik tentang masalah ini.”